Explore Flores : Pesona Internasional Danau Kelimutu

Pesawat kebanggaan Indonesia, Garuda Indonesia mendarat mulus di bandara H.Hasan Aroeboesman Ende. Bandara kecil yang merupakan pintu masuk ke kota Ende dan Taman Nasional Kelimutu ini sangat rame dari wisatawan domestik maupun international. Tiap hari ada saja wisatawan yang mendarat di bandara ini, termasuk kami berempat saat itu.

Sebelum ke kota ini saya sudah menghubungi salah satu kolega bisnis saya yang ada di Desa Moni untuk menjemput kami di bandara. Kalau kalian baru sampai di bandara ini maka akan melihat banyak orang-orang yang menawarkan jasa ojek dan travel untuk menuju kelimutu, untuk harga kalian bisa nego sendiri dengan drivernya. Saya sibuk menghubungi driver yang di janjikan kolega saya, tidak begitu lama kami sudah bertemu dan menuju ke parkiran. Fyi, cuaca di Ende panas jadi kalian harus memilih kendaraan yang nyaman aja (Baca : ada AC nya).

taman_pengasingan

Taman Pengasingan Bung Karno

Kota Ende tidak begitu besar menurut saya jadi kalian bisa mengelilingi kota ini dalam sehari sampai dua hari, kalau kalian mau dan mampu ya. Kota ini merupakan kota pancasila kenapa begitu? karena di kota ini bung karno memikirkan butir-butir pancasila. Please kalo kalian ke kota Ende harus ke museum rumah bung karno dan pengasingan bung karno. Jarak dari bandara ke tempat tersebut tidak jauh, 15 menit saja dari bandara kalian sudah bisa melihat rumah yang dulu di pakai oleh bung karno saat di buang/ di asingkan ke kota Ende.

kelimutu_4

Tangga Menuju Point View (Foto saat pulang)

Danau Kelimutu terletak 2 jam lebih dari kota Ende, sepanjang perjalanan kami di suguhkan oleh pemandangan yang indah dan itu menarik untuk di lihat, jangan sampai tertidur ya di perjalanan. Tujuan utama kami adalah desa moni, yang merupakan desa yang dekat dengan danau kelimutu. Kami akan bermalam di desa moni dan akan menuju danau kelimutu dini hari sekitar jam 4 pagi untuk mengejar sunrise, kata orang sih sunrise di sini keren sekali.

kelimutu

Jalan Setapak Menuju Point View

Banyak penginapan di desa moni, kebanyakan sih homestay yang saya lihat tapi sekelas homestay aja sudah bagus lho di sini. Kalian tidak usah cari hotel yang ada AC nya karna udara di desa moni saat malam itu dingin, bagi saya mending cari penginapan yang menyediakan air hangat. Tidak banyak kegiatan yang kami lakukan di desa moni ini karena kami sampai sudah jam 6 sore. Cukup untuk istirahat dan menyiapkan tenaga untuk narsis di tepi kawah danau kelimutu.

Suasana international di desa ini sudah ada sejak dulu lho, karena banyak turis asing yang ke desa ini sehingga beberapa orang pun sudah lancar berbahasa inggris (Bahkan saya heran saya tidak bisa selancar mereka). Turis luar negri bagi mereka hal yang biasa karena tiap hari pasti ada yang datang dan pergi, sampai ada yang menginap dalam kurun waktu yang lama lho.

kelimutu_1

Sunrise

kelimutu_2

Dia gak mau kalah LOL

kelimutu_3

Candid itu Perlu

kelimutu_5

Gak hanya wanita, pria pun punya gaya!

Dini hari jam 4 kurang kami sudah siap-siap untuk naik ke danau kelimutu, kami berempat menggunakan mobil untuk sampai ke sana, perjalanan selama 1 jam kami gunakan untuk tidur karena masih ngantuk. Kami harus membeli karcis masuk di loket untuk bisa meneruskan perjalanan, bagi saya harga tiketnya murah karena kami turis domestik gak tau kalau harga tiket turis mancanegara.

Apa yang menjadi daya tarik danau kelimutu? Danau ini mempunyai 3 kawah dengan warna yang berbeda satu sama lain. Hebatnya lagi warnanya bisa berubah tanpa kita ketahui, dan itu merupakan reaksi alam.

Ada satu point of view untuk melihat sunrise di kelimutu, untuk mencapai tempat itu kita perlu trekking mengikuti jalur yang sudah ada dan sudah di beri tangga permanen. Gak perlu guide untuk sampai di point of view nya, ikuti aja jalannya sudah ada petunjuk yang jelas.

kelimutu_6

Santaai sambil menikmati pop mie

Yang membuat saya heran adalah ketika sampai di point of view itu yang banyak turis mancanegara, jadi danau ini sudah terkenal sampai di sana. Bangga campur sedih sih karena mungkin sebagian dari kita belum sampai di sana dan menikmati keindahan Tuhan yang ada di negara kita.

Boleh lah suatu saat ke sana, untuk melihat secara langsung keindahan danau kelimutu ini. Mau ke Danau Kelimutu silahkan hubungi WA 085225874911 untuk di buat akomodasi yang murah 🙂