Visit Tidore – Pulau Kecil yang menyimpan banyak sejarah dan potensi wisata

Mungkin tidak begitu populer di kalangan masyarakat Indonesia, tapi sangat populer di kalangan penjajah pada jaman dulu. Pulau Tidore, salah satu pulau yang kaya akan hasil rempah-rempah sehingga para penjajah ingin menguasai pulau ini. Well, apakah jaman sekarang masih kalian mengenal pulau indah yang terletak di daerah Maluku Utara ini. Coba deh simak ulasan #kawankelana tentang Pulau Tidore yang merupakan pusat perdagangan rempah-rempah dan akan menjadi bagian dari wisata Indonesia Timur.

Letak Geografis

Pulau Tidore terletak di Indonesia Timur, termasuk dalam Provinsi Maluku Utara. Pulau Tidore sangat berdekatan dengan Pulau Ternate. Jika kalian berada di Pulau Ternate dan ingin mengunjungi Pulau Tidore kalian cukup menggunakan speedboat dari Pulau Ternate, perjalanan laut ini di tempuh selama 30 menit saja.

Keunikan Pulau Tidore

Keunikan pulau ini ketika pemerintah membuat salah satu background uang negara Indonesia dengan nominal seribu rupiah yang menggunakan salah satu pulau yang ada di sekitar pulau ini, Pulau Maitara. Mungkin kalian tidak begitu familiar dengan pulau ini tapi kalau kalian melihat lembar uang seribu rupiah maka kalian akan tahu. Dari beribu pulau yang ada di Indonesia saya rasa pemilihan Pulau Maitara sebagai salah satu background mata uang negara indonesia merupakan hal yang unik.

Pulau Bersejarah dan Kaya

Pulau Tidore dan sekitarnya menjadi daya tarik tersendiri oleh bangsa penjajah sewaktu itu, sehingga bangsa penjajah seperti Bangsa Portugus, Spanyol dan Belanda berjuang untuk menguasai dan menjajah Pulau Tidore dan sekitarnya yang merupakan penghasil rempah-rempah terbaik.

Sultan Nuku merupakan sultan yang paling gigih melawan penjajah sehingga Bangsa Belanda pada saat itu menyerah untuk menjajah Pulau Tidore dan sekitarnya. Di masa Sultan Nuku ini Pulau Tidore sangat di segani di sekitar kepulauan lainnya. Nama Sultan Nuku di kenang dengan pemberian nama Nuku pada beberapa pulau di sekitar Pulau Tidore.

Potensi Wisata

Kalian pasti tau kalau potensi wisata di Indonesia Timur sangat menjanjikan, sama seperti Pulau Tidore ini kedepannya bakal ada spot spot wisata yang muncul dari pulau ini. Mari kita lihat beberapa spot wisata yang wajib kalian kunjungi ketika anda di Pulau Tidore.

  • Pulau Failonga

Pulau ini sangat terkenal dengan 3 kuburan JERE sebutan untuk orang yang mempunyai ilmu tinggi, konon katanya mereka dapat memindahkan jazatnya sediri ke pulau ini.

Selain itu pulau failonga ini sangat terkenal dengan wisata bawah lautnya, di tandai dengan spot snorkeling dan diving di sekitar pulau ini.

  • Spot Lumba-Lumba di Perairan Pulau Mare

Lumba-lumba ada di sekitar perairan Pulau Mare, hewan laut yang lucu ini sering menampakan diri di permukaan air di perairan Pulau Mere pada saat pagi hari dan menjelang malam hari. Sesuatu hal yang pasti harus kalian lihat di sekitar pulau ini.

  • Benteng Tore dan Tahula

Benteng ini merupakan benteng peninggalan pelaut dari spanyol yang sampai sekarang menjadi tempat wisata wajib bagi pengunjung. Kalian harus menyiapkan tenaga extra untuk menaiki anak tangga untuk sampai di benteng ini.

  • Taman Laut Pulau Maitara

Pulau Maitara ini sangat terkenal apabila kalian melihat lembaran uang seribu rupiah. Di balik itu pulau ini juga mempunyai taman laut yang indah, kalian bisa menjadikan spot untuk diving dan snorkeling.

  • Pantai Ake Sahu

Uniknya pantai Ake Sahu adalah pantai ini memiliki pemandian air panas di pinggir pantai. Para pengunjung bisa berendam sambil melihat suasana pantai yang indah.

  • Museum Kesultanan Tidore

Di tempat ini terdapat beberapa benda peninggalan kesultanan tidore di jaman dahulu. Di museum ini terdapat mahkota berambut yang konon rambut ini selalu tumbuh sehingga setiap malam idul adha di adakan upacara pemotongan rambut. Wajib bagi kalian yang suka dengan sejarah.

Kuliner

Berbagai hasil laut terdapat di pulau ini. Dan apabila kita ke Indonesia Timur maka kita akan melihat makanan dari olahan bahan dasar sagu.

Bukan hal yang baru bagi mimin #kawankelana karena sudah melihat di pulau tual. Untuk jenis mungkin sama tetapi namanya beda, kalau di pulau tual di namakan enbal maka di pulau tidore ini di namakan sagu singkong.

Transportasi

Bagi teman-teman #kawankelana yang ini mengunjungi pulau ini bisa menggunakan pesawat dari kota Jakarta menuju Pulau Ternate dan harus menggunakan speedboat untuk sampai di Pulau Tidore ini.

tiket-tidore

Sumber : Traveloka.com

Untuk yang mau murah bisa mengunakan kapal pelni tetapi mimin juga belum tau rute yang ada. Semoga ada yang sudah mencoba dan share ke mimin ya.

Satu Langkah Untuk Mengenalkan Pesona Tidore ke Masyarakat Indonesia

#kawankelana ingin sekali menginjakan kaki di pulau yang indah ini, dan harus mengabadikan beberapa foto terbaik untuk mengenalkan kepada masyarakat agar pulau tidore ini juga menjadi salah satu list untuk mengisi waktu libur.

lomba-blog

Sudah banyak potensi yang ada di pulau ini, bagi mimin dengan mengusung kata VISIT PULAU TIDORE akan membawa dampak bagi wisata Indonesia khususnya di Maluku Utara. Ayo #kawankelana cari teman mu untuk di ajak ke pulau nan indah di Maluku Utara ini.

Iklan

Mari Berbincang Kakak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s