Reksa Dana : Salah satu investasi terbaik untuk masa depan

Investasi

Berinvestasi merupakan keinginan setiap orang yang mengharapkan keuntungan di masa depan. Beberapa orang belum mengerti macam-macam investasi terbaik bagi mereka yang akan memulai berinvestasi. Ada bermacam-macam jenis investasi antara lain : Saham, Properti, Mata uang asing, Emas, Tabungan, Deposito, dan Reksa dana. Setiap investasi mempunyai resiko dan potensi keuntungan yang berbeda-beda.

investasi2

sumber : uc.ac.id

Reksa dana

Mari kita mengenal salah satu jenis investasi yang sudah di sebut di atas, Reksa dana. Seringkali kita bingung antara reksa dana dan dana reksa.

Reksa dana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam Portofolio Efek oleh Manajer Investasi (UU No 8 Th 1995 Pasal 1 angka 27 tentang Pasar Modal). Kutipan: http://reksadana.danareksaonline.com/edukasi/jenis-reksa-dana.aspx

Sedangkan

Dana Reksa adalah salah satu perusahaan investasi yang berbentuk badan hukum persero yang salah satu produknya adalah Reksa Dana

Keuntungan Reksa Dana

Ingin tau apa saja keuntungan apabila kita berinvestasi di reksa dana?

high risk

sumber : dreamstime.com

  • Untuk berinvestasi di reksa dana tidak memerlukan modal yang besar, cukup mempunyai Rp 100.000,- maka anda sudah bisa berinvestasi reksa dana.
  • Dikelola oleh manajemen yang profesional sehingga sangat membantu investor yang tidak mempunyai waktu dalam menganalisis informasi.
  • Potensi return yang tinggi bagi yang ingin berinvestasi dalam jangka waktu yang panjang.
  • Biaya transaksi yang rendah karena investor tidak melakukan transaksi secara langsung di bursa.
  • Lebih aman karena tingkat resiko yang tergolong rendah.

Resiko Reksa Dana

Ketika berinvestasi kita juga harus mengenal resiko yang timbul, sesuai dengan prinsip high risk high return. Berikut resiko yang harus kita kenal sebelum berinvestasi di reksa dana :

  • Berkurangnya nilai unit penyertaan, resiko ini di pengaruhi oleh turunnya harga dari efek.
  • Resiko likuiditas, resiko kesulitan dalam menyediakan uang tunai oleh Manajer Investasi jika pemegang unit melakukan penjualan kembali atas unit-unit yang dipegang.
  • Resiko Wanprestasi, resiko ini timbul ketika perusahaan asuransi tidak segera membayar ganti rugi atau membayar lebih rendah dari nilai pertanggungan ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Jika dilihat dari sisi keuntungan dan resiko untuk berinvestasi di reksa dana, maka tidak salah kita mencoba investasi di reksa dana dalam jangka panjang karena kita akan mendapat manfaat yang besar dengan potensi return yang mengguntungkan di masa depan.

img_7274_500x334

Peluncuran program IMD. Sumber : reksadana.danareksaonline.com

Dana reksa meluncurkan program Investasiku Masa Depanku membuat kalian yang ingin berinvestasi untuk masa depan sangat terbuka lebar, untuk mewujudkan kemapanan finansial anda bisa tercapai dengan program Investasi terbaik dari dana reksa. Pastikan anda berinvestasi untuk masa depan anda.

Iklan

Mari Berbincang Kakak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s