HITCHHIKING DI INDONESIA JUGA BISA LHO!

Ini merupakan pengalaman tak terlupakan selama saya traveling, ketika saya pulang dari mendaki gunung rinjani di Lombok saya masih mempunyai satu hari untuk mengeksplore bali. Singkat cerita saya mengeksplore beberapa pantai di bali dan saya harus kembali ke terminal ubung sebelum jam 5 sore karena saya akan menggunakan bis untuk menuju pelabuhan gilimanuk.

Sepertinya planning saya untuk sampai di terminal ubung sebelum jam 5 sedikit terlambat karena terjadi macet di jalan. Saya sampai di terminal jam 5.20 dan benar dugaan saya, bis terakhir yang akan saya gunakan untuk menuju ke pelabuhan gilimanuk sudah berangkat dan saya terpaksa sedikit berjalan menjauh dari terminal itu karena calo-calo menawari saya tiket bis malam menuju pelabuhan gilimanuk dengan harga yang lumayan mahal.

Saya sempat panik karena jam 10 malam saya harus ke Surabaya menggunakan kereta yang sudah saya pesan jauh-jauh hari, muncul pikiran untuk mencoba menumpang mobil yang lewat dengan berdiri di pinggir jalan sambil mengancungkan jempol jari ke atas. Beberapa mobil hanya melewati saya tetapi saya kembali mencoba ketika saya melihat sebuah truk besar yang akan melewati jalan ini dan benar dugaan saya truk itu berhenti dan saya meminta bantuan untuk bisa menumpang sampai ke pelabuhan gilimanuk yang merupakan tujuan saya.

Saya merasa beruntung hari itu di tolong oleh supir truk itu, sambil bercerita di sepanjang perjalanan akhirnya kami sampai di pelabuhan gilimanuk. Tetapi waktu yang sudah menunjukan jam 10 malam dan memang sudah terlambat untuk mengejar kereta saya, akhirnya saya menumpang truk itu sampai ke kota malang karena tujuan truk itu ke kota malang.

Setelah sampai di malang saya menggunakan bus kota untuk melanjutkan perjalanan saya menuju kota Surabaya. Perjalanan ini merupakan perjalanan yang tak terlupakan karena saya bisa merasakan hitchhiking dari bali menuju kota malang.

Sepertinya cara ini bisa di coba untuk para traveler yang ingin menekan biaya perjalanan, mungkin sedikit memakan waktu karna kita tidak bisa memaksakan untuk sampai sesuai dengan jadwal kita. Bersikaplah sopan ketika bertanya kepada supir dan jangan ragu untuk berbagi sesuatu kepada supir sebagai rasa ucapan terima kasih kita.